Inilah Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Bagian Atau Lebih di Windows 10

Sientapopupplayground.com – Memisahkan layar PC menjadi beberapa bagian dapat menjadi cara yang ampuh untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas yang mengharapkan akses ke dua atau lebih aplikasi secara bersamaan.

Saya, yang secara tak terduga bergantung pada beberapa aplikasi saat menulis, cukup bersyukur bahwa komponen dengan kemampuan ini masuk ke Microsoft Windows 10 sehingga ada alasan kuat untuk membukanya.

Misalnya, saat membuat artikel, saya bisa membaca dengan teliti materi yang sudah ada di browser saya sambil mengumpulkan teks ke pengelola konten seperti Microsoft Word atau Google Docs secara langsung.

Menggunakan komponen splitter tampilan atau juga dikenal sebagai “Snap” di Windows 10 tidak memerlukan pengaturan khusus dan harus dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna mungkin menggunakannya untuk semua versi mulai sekarang.

Jika Anda tidak dapat menggunakannya, maka Anda berada di artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas beberapa cara yang bisa digunakan untuk menggunakan elemen ini untuk memisahkan layar menjadi empat bagian.

Namun untuk mengikuti langkah-langkah yang tidak jauh berbeda, ada baiknya Anda menginstal update terbaru dari Windows 10 yang terinstal di gadget Anda. Jika demikian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini.

Menggunakan Kursor

  • Buka aplikasi yang ingin disematkan di layar
  • Arahkan kursor ke bagian title bar (baris atas yang sejajar dengan tombol minimize dan close) dari aplikasi tersebut
    Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Windows 1
  • Klik dan tahan pada mouse atau touchpad
  • Tarik aplikasi ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan hingga ukurannya menjadi separuh layar

Selain menyeret aplikasi ke kanan atau kiri, Anda juga dapat mengarahkannya ke sudut-sudut layar jika Anda memiliki keinginan untuk memisahkan tampilan PC menjadi empat bagian. Hanya saja jika ukuran layarnya kecil, saya sangat tidak menyarankan untuk mempartisi menjadi empat.

Setelah berhasil menempelkan aplikasi ke satu bagian, Anda kemudian dapat menempelkan aplikasi lain ke sisi yang berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan strategi yang sama atau menggunakan sorotan Snap Assist yang disertakan ke dalam Windows 10.

Menggunakan Snap Assist

  • Buka semua aplikasi yang ingin disematkan
  • Sematkan salah satu aplikasi pada sisi tertentu dengan menggunakan cara sebelumnya
  • Jika berhasil, nantinya akan muncul beberapa thumbnail aplikasi lainnya
  • Klik thumbnail dari aplikasi yang ingin disematkan selanjutnya
    Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Windows 2

Snap Assist adalah sorot helper yang akan muncul ketika pengguna berhasil menyematkan aplikasi ke sisi tertentu dari layar PC jika masih ada ruang yang masih bisa digunakan.

Dengan adanya elemen ini, semua aplikasi yang terbuka di PC akan menjadi thumbnail untuk menjalankannya di sisi lain sehingga Anda tidak perlu mengulangi langkah yang sama berulang kali untuk membagi layar.

Elemen menarik dari pembagi layar di Windows 10 adalah tidak hanya mendukung operasi menggunakan kursor. Jika mouse atau touchpad pada PC Anda mengalami kesalahan, Anda juga dapat menggunakan pintasan konsol untuk mengaturnya.

Menggunakan Keyboard

  • Jalankan jendela aplikasi yang akan disematkan di layar
  • Klik tombol Windows + Arah secara bersamaan untuk menyesuaikan letak jendela aplikasi
  • Ulangi pada aplikasi yang ingin dipasang selanjutnya atau gunakan fitur Snap Assist jika tersedia

Pada dasarnya, menggunakan shortcut console key untuk memilah tampilan layar PC menjadi beberapa bagian sama dengan strategi sebelumnya. Anda dapat mengarahkan jendela aplikasi ke area yang diinginkan dengan menekan tombol Windows + bantalan yang sesuai.

Misalnya, Anda dapat menekan tombol Windows + Kanan lalu Windows + Atas untuk memindahkan aplikasi ke sudut kanan atas layar dan memisahkan tampilan menjadi empat bagian.

Tak kalah menarik, Anda juga bisa mengatur ukuran jendela aplikasi dengan mengangkat penghalang yang terletak di tengah. Untuk lebih detailnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini jika Anda perlu mengaturnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *