Inilah Cara menghilangkan stres dengan cepat dan ampuh

Sientapopupplayground.com – Tugas yang menumpuk, tenggat waktu yang ketat, dan acara kantor dapat memicu stres bagi pekerja kantoran. Meski terkadang stres bisa berdampak positif dan membuat Anda lebih berguna, stres yang tertunda pasti bisa berbahaya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meredakan stres dengan cepat dan untuk segala maksud dan tujuan.

Gejala stres termasuk kecenderungan lekas marah, gelisah, frustrasi, sedih, sulit untuk menenangkan jiwa, pikiran pesimistis berturut-turut untuk alkoholisme dapat menunjukkan seseorang berada di bawah stres. Agar Anda lebih paham, berikut adalah efek stres bagi kesehatan dan cara mengelolanya.

Efek stres pada kesehatan

Anda harus berhati-hati jika stres yang Anda alami sudah berlangsung cukup lama, karena berpotensi menimbulkan penyakit lain. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi seperti peningkatan ketegangan peredaran darah, pembuluh darah menyempit, dan Anda akan bernapas lebih cepat.

Ini karena tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat jantung bekerja jauh lebih cepat. Hormon-hormon ini juga siap melepaskan energi secara gratis sehingga Anda akan mudah merasa lelah.

Sistem kekebalan dari stres orang yang di bawah umur juga akan berkurang, sehingga sulit bagi tubuh untuk melawan penyakit. Tidak heran jika individu yang stres akan lebih mudah terserang penyakit karena ketika sedang menderita suatu penyakit, stres dapat memperparah kondisi tersebut.

Berikut beberapa kondisi yang bisa menyerang jika Anda mengalami stres tertunda:

  • Sakit kepala
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan tidur
  • Stroke
  • Obesitas
  • Asma
  • Depresi
  • Penuaan dini
  • Mudah terinfeksi
  • Disfungsi seksual
  • Penyakit jantung
  • Asam lambung
  • Penyakit Alzheimer

Cara menghilangkan stres ini patut kamu coba

Sebelum membahas cara menghilangkan stres dan depresi, kita harus melihat perbedaan antara stres dan depresi. Masih banyak individu yang bingung membedakan antara stres dan depresi.

Stres sebenarnya merupakan kondisi khas yang dialami seseorang ketika dihadapkan pada tekanan. Dimana anda akan sering menjadi orang yang suka berterus terang, sulit untuk berpikir, dll.

Memang, stres yang tidak ditangani dapat memicu depresi. Depresi bukan hanya keadaan pikiran yang buruk, Anda dapat merasakan dunia berakhir, dan Anda cenderung menarik diri dari orang-orang di sekitar Anda. Kondisi ini sebagian besar dapat berlangsung sangat lama atau bahkan lebih.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stres? Langkah pertama dalam mengelola stres adalah memahami penyebabnya, dalam hal ini Anda mengetahuinya sendiri.

Tahap selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi pada tubuh dan otak. Berikut adalah beberapa cara untuk meredakan stres yang layak dan kuat.

1. Olahraga

Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa meredakan stres. Salah satu cara sederhana bisa dengan jalan-jalan atau bersepeda keliling kompleks rumah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips olahraga ringan di rumah seperti ini.

2. Meditasi

Meditasi dapat membantu Anda menenangkan otak. Anda dapat mencoba olahraga seperti yoga yang juga mengajarkan Anda cara bermeditasi.

3. Lanjutkan dengan minat sampingan yang menyenangkan

Renungkan kegiatan apa yang Anda sukai? Apakah itu belanja, pergi ke pusat perbelanjaan, karaoke, menonton film, berkebun, memasak, atau pergi ke taman bermain?

Anda bisa melakukan apa saja yang bisa melonggarkan tubuh dan merawatnya, namun aktivitasnya harus positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

4. Berbagi dengan orang-orang terdekat

Mencengkeram perasaan, terutama perasaan yang mengganggu Anda, bisa membuat Anda stres. Lebih baik mengatakan semuanya sehingga Anda bisa melepaskan beban.

Biarkan segala sesuatu yang ada di garis depan pikiran Anda kepada orang yang bersangkutan, seseorang yang Anda percaya, atau psikolog. Percayalah, setelah mengeluarkan semua iritasi itu, Anda akan merasa sedikit lebih baik.

5. Lanjutkan hidup di masa sekarang

Apakah masa lalu sering mengganggu Anda? Jika demikian, maka Anda ingin memiliki dampak yang signifikan pada pola pikir Anda. Cobalah untuk menenangkan diri dan merangkul keadaan saat ini.

Abaikan ekspektasi negatif tentang kehidupan di kemudian hari. Biarkan hidup mengalir apa adanya. Serius, jika Anda mengalami saat ini dengan gembira dan positif, maka itu juga akan mempengaruhi kehidupan masa depan Anda.

6. Memijat telinga

Banyak orang tidak menyadari bahwa tindakan pijat telinga sebenarnya dapat membantu meredakan stres.

Hal ini sesuai studi klinis yang menunjukkan bahwa pijat telinga dapat menjadi cara untuk meredakan stres dan kegelisahan yang parah pada pasien yang akan dirawat.

Cara memijat telinga yang benar adalah dengan memijatnya di titik Shen Men yang berhasil mengurangi stres dan meningkatkan energi bagi tubuh.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan melacak titik ini, mulailah dengan memijat telinga dengan bergerak di sekitar kulit telinga luar yang akan menghasilkan hasil yang sama seperti titik shen men.

7. Mendesain ulang lingkungan kerja

Saat Anda dikejar oleh batas waktu yang ketat dan itu membuat Anda stres, cobalah untuk mendesain ulang lingkungan kerja Anda.

Karena melakukan ini dapat membantu Anda membangun energi positif dan melatih temperamen Anda. Tidak mengherankan begitu banyak orang melakukan ini, sebagai cara ampuh untuk mengurangi stres dan kelemahan.

8. Tetapkan gaya hidup sehat

Tidur yang cukup dan selalu praktikkan kebiasaan makan yang baik dan makanan yang bergizi. Tidak merokok, mengkonsumsi cocktail dan obat-obatan terlarang.

Dengan mengetahui cara meredakan stres dan berbagai hal yang berhubungan dengan stres, Anda memiliki kendali terhadapnya sehingga stres tidak akan berdampak buruk. Tetapkan pola makan dan gaya hidup sehat dan ingat untuk mengatur waktu agar jam sibuk aktivitas tidak membuat Anda stres.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.